green extinct

Study it, Use it and Save it…

BenarKah HuTan DapaT MenghambaT GlobaL Warming???? 11 Maret 2012

Filed under: Uncategorized — my blood is green @ 6:24 pm
Tags:

 

Image

 

“Dewasa ini isu mengenai global warming semakin merajalela. Emisi karbon disebut-sebut sebagai salah satu pemicu yang berperan penting dalam global warming ini. Emisi karbon bersifat polutan, artinya emisi karbon dari cerobong, maupun dari knalpot dan sebagainya, itu jelas “menganggu” dan mempengaruhi kenyamanan.
Dalam skala kecil misalnya kalau kita berada pada satu kota yang pengap dengan asap kenalpot, maka kita akan merasakan udara semakin terasa panas. Tetapi panas ini disebabkan oleh sifat-sifat asap yang menghambat penghantaran panas. Apabila terjadi peningkatan emisi karbon secara terus menerus maka dikhawatirkan akan semakin memperburuk keadaan di bumi.

Salah satu cara untuk mengurangi emisi karbon di dunia ini adalah dengan cara menanam pohon, karena pohon terbukti mampu menyerap emisi karbon dan mengubahnya menjadi daun, buah, ranting, dan lain sebagainya melalui proses fotosintesis. Oleh karena itu peran hutan sangatlah penting dalam mengurangi emisi karbon. Namun apakah semua hutan dan semua pohon memiliki kemampuan yang sama dalam menyerap karbon?

Menurut penelitian beberapa ahli, tidak semua hutan dan pohon mampu menyerap karbon dengan baik. Kemampuan hutan menyerap gas polutan seperti karbon memang tak diragukan lagi. Namun sejumlah ahli mulai bersikap ”hati-hati” atas penilaian terhadap potensi hutan itu. Hutan-hutan pada daerah empat musim mampu menyerap karbon namun pada saat musim gugur, hutan tersebut tidak mampu lagi menyerap karbon, bahkan hutan akan memberikan kontribusi terhadap peningkatan karbon di bumi karena adanya penguraian daun-daun yang gugur oleh mikroba yang akan menghasilkan karbon. Selain itu hutan juga dapat berpengaruh menyimpan panas dari sinar matahari ke permukaan bumi karena warnanya yang gelap.

Dari penemuan diatas maka dapat disimpulkan bahwa hutan tropis adalah yang terbaik karena lebih optimal menyimpan karbon. Semakin jauh dari kawasan ekuator, kemampuan hutan akan semakin lemah. Karena itu, dari sudut perubahan iklim, hutan di kawasan sub tropis maupun kawasan temperate tidak mampu memberikan hasil yang optimal.

Indonesia merupakan daerah tropis yang memiliki kawasan hutan yang besar. Mengingat hal yang telah disebutkan diatas maka Indonesia seharusnya dapat memberika kontribusi yang lebih besar dibadingkan dengan Negara lain dalam menanggapi isu global warming. Apabila hutan di Indonesia dapat dimaksimalkan keberadaannya maka hal ini tidak hanya menguntungkan Negara kita saja, tetapi juga dapat menguntungkan dunia. Oleh sebab itu kita seharusnya sadar akan pentingnya kelestarian hutan. Apabila melihat kondisi hutan Indonesia saat ini, rasanya sangatlah disayangkan. Ketika bumi membutuhkan keberadaan hutan untuk mengurangi emisi karbon penyebab glabal warming, hutan di Indonesia malah dirambah secara illegal, dialih fungsikan dan dieksploitasi secara berlebih hanya untuk kepentingan segelintir orang. Melihat fenomena yang ada, diharapkan masyarakat Indonesia ikut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian hutan dan pemerintah juga diharapkan mampu mengelola hutan dengan sebaik-baiknya, karena hutan Indonesia merupakan aset yang sangat berharga bagi dunia…

Salam Konservasi:)

by Team Biokonservasi Kelompok 7

 

5 Responses to “BenarKah HuTan DapaT MenghambaT GlobaL Warming????”

  1. betuL sekali !!!Karena Indonesia punya hutan yang berlimpah..sudah seharusnya dapat memberika kontribusi yang lebih besar dibadingkan dengan Negara lain dalam menanggapi isu global warming…:D
    Salam KonserVasi!!!:D

  2. Erni Febriyanti Says:

    Save Our ForesT..!!!
    karena hutan Indonesia merupakan aset yang sangat berharga sebagai paru-paru dunia…:)

  3. lia ahmad(yulia wahdini) Says:

    Y betul bgt hutan memang cara untuk mengurangi GW..tp bukan semuanya teratasi dengan dengan hutan.knpa krna skrg untuk menanam 1 pohon saja sudah susah..apalagi bnyak hutan2 yg sudah dijadi kan tempat untuk menambah trjadi Ñўά̲̣̣̣̥,. GW ex.pabrik.dan satu lagi yaitu krna asap dari kendraan yg mana skrg sudah bnyak pemakai,krna sifat masyrakat indonesia sudah bersifat konsmtif.

  4. Aadrean Says:

    Sedikit saran, kalau ambil tulisan dari orang lain, jangan lupa tuliskan sumbernya.

  5. Da Andrean : Terima kasih da untuk sarannya.. Insyaallah kan menjadi pelajaran bagi kami untuk posting berikutnya..:D
    Jangan lupa selalu kunjungi blog kami ya da..😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s